Sejarah, Peraturan, Teknik Serta Peralatan Untuk Bermain Bola Voli


Cabang Olahraga ini juga sangat diminati banyak penggemarnya di Indonesia. PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) adalah organisasi yang mempunyai tanggung jawab untuk olahraga ini. Bisa dimainkan oleh semua kalangan dengan 2 tim yang masing masingnya terdiri dari 6 orang. Di Indonesia sendiri bisa ditemukan dimanapun lapangan voli. 

Perbanyak Lapangan Voli, Lombok Barat Selalu Juara | Olahraga

Cara memainkan olahraga ini pun cukup mudah, hanya dengan memukul bola dengan tangan agar bola bisa melewati net yang ada di tengah lapangan. Skor bisa didapatkan ketika pemain dari satu tim bisa mengarahkan bola agar bisa jatuh di daerah tim lawan.

Menggunakan bola dengan bahan kulit dan karet. Terbagi atas 2-3 babak dalam satu pertandingannya, dimana satu babaknya diharuskan untuk meraih sebanyak 25 poin baru bisa dilanjutkan ke babak selanjutnya. 

Sejarah Olahraga Bola Voli

William G. Morgan

Diciptakan oleh William G. Morgan yang bekerja sebagai Guru Olahraga di YMCA (Young men’s Christian Association) di Massachusetts, Amerika. Ketika ia melihat bola basket dan bertemu James Naismith, ia terinspirasi untuk membuat permainan lain. William ingin menciptakan permainan olahraga yang tidak sulit, tidak banyak mengeluarkan tenaga, tidak banyak berlari dan tidak banyak bergerak sehingga cocok untuk kalangan orang tua. 

William sangat ingin membuat permainan untuk para kalangan orang orang tua agar saat orang tua ingin berolahraga, mereka tidak perlu mengeluarkan energi yang cukup banyak. 

Mintonette

Setelah pertemuan dengan James, terciptalah sebuah ide permainan yang mengkombinasikan antara Bola Basket, Bulu Tangkis, dan Baseball. Mintonette adalah ide tersebut. Bisa dimainkan di dalam dan di luar ruangan, tidak membutuhkan banyak pergerakan sehingga bisa di sebuah lapangan kecil. Idenya adalah bola harus terus berada di udara dan melewati satu sisi ke sisi yang lain dipisahkan oleh sebuah net di tengah lapangan. Dimulai dengan servis bola agar bola melewati net yang ada dan jatuh di area lawan. Tim lawan harus berusaha agar bola tidak jatuh menyentuh permukaan lapangan tetapi harus mengembalikan bola ke sisi yang lain agar bisa mendapatkan poin. Poin akan tercipta ketika satu tim tidak bisa mempertahankan bola di udara atau ketika bola jatuh ke permukaan lapangan. 

Volleyball World on Twitter: "Fun fact! #DidYouKnow that #Volleyball was  invented in 1895 by William G. Morgan? His goal was to blend elements of  basketball, tennis and handball to create a new

Tak disangka, Mintonette menjadi sangat populer. Seketika ada satu orang mengusulkan nama “Volleyball” ke William sehingga diresmikannya nama volleyball tersebut pada tahun 1896 dan bertepatan pada pertandingan pertama di International YMCA Training School.

Masuk Ke Indonesia

Bola Voli sudah masuk ke Indonesia sejak zaman penjajahan belanda di indonesia. Saat berada di bawah penjajahan, bola voli hanya bisa dimainkan oleh para bangsawan dan orang orang belanda. Tetapi ada satu guru olahraga zaman belanda yang mengajarkan permainan ini pada tentara Belanda di satu lapangan terbuka yang bisa disaksikan oleh banyak orang. Sehingga ketika permainan itu dimainkan, banyak orang Indonesia yang tertarik untuk memainkan dan mempelajarinya. Tidak lama kemudian, bola voli sudah cukup banyak dikenal di Indonesia.

Sejarah Bola Voli di Dunia dan Indonesia - Tokopedia Blog

Peraturan Permainan Olahraga Bola Voli

LIKE a BOSS | Crazy Volleyball Spikes | HD - YouTube

Permainan Bola Voli tentunya memiliki peraturan yang sudah ditetapkan oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Dengan adanya peraturan, maka pertandingan akan bisa berjalan dengan baik dan teratur. Berikut adalah peraturannya :

  1. Dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan dan dipisahkan oleh net.
  2. Terdiri dari enam orang yang terdiri dari Spiker, Defender, Libero, dan Tosser.
  3. Posisi Libero harus menggunakan seragam yang berbeda dari yang lain
  4. Posisi Libero tidak boleh melakukan servis, pergantian posisi dan pemukulan bola.
  5. Dalam satu tim empat orang adalah jumlah minimal supaya pertandingan bisa dimainkan.
  6. Pertandingan akan dimulai dengan servis pertama. 
  7. Servis pertama ditentukan dari lempar koin
  8. Servis harus dilakukan dari luar garis lapangan serta bola harus melewati atas net tanpa menyentuh
  9. Bola dinyatakan keluar jika bola keluar dari garis lapangan
  10. Boleh melakukan segala macam teknik di area sendiri.
  11. Tidak diperbolehkan untuk masuk ke area lawan.
  12. Bola akan dianggap masuk jika bola sudah menyentuh permukaan lapangan yang berada di dalam garis lapangan.
  13. Semua anggota tubuh bisa digunakan untuk memukul dan memantulkan bola.
  14. Tidak diperbolehkan untuk menangkap dan melempar bola.
  15. Permainan ini berlangsung 2 sampai 3 babak. Jika ada tim yang menang 2 babak secara berturut turut maka mereka lah pemenangnya. Jika terjadi skor seri atau 1 – 1, maka akan dilanjutkan terus sampai 3 babak.
  16. Satu babak bisa diselesaikan ketika satu tim sudah mencapai 25 poin.
  17. Jika dalam satu babak poinnya seri atau 24-24 maka pemenangnya adalah yang lebih dulu mendapat poin ke 25.
  18. Diperbolehkan untuk pergantian pemain selama pertandingan masih berjalan.

Peralatan dan Perlengkapan Bola Voli

Bola Voli

Berdasarkan FIVB (Federation Internationale de Volleyball), Bola Voli harus terbuat dari bahan karet dan bahan kulit. Bolanya harus berbentuk bulat sempurna dengan diameter 18 – 20 Cm bertekanan udara 4,26 – 4,61 hPa/psi. Berat Bola Voli harus sekitar 260 – 280 gram saja.

Net 

Digunakan untuk pembatas daerah antara 2 tim yang kriterianya sudah ditetapkan yaitu :

  • Tinggi Net Voli Putra : 2,43 Meter
  • Tinggi Net Voli Putri : 2,24 Meter
  • Lebar Net : 1 Meter
  • Panjang Net : 9 Meter
  • Lebar Pita Sisi Net : 5 Cm
  • Jarang Tiang ke Garis : 0,5 – 1 Meter
  • Tinggi Antena : 80 Meter di Atas Net
  • Ukuran Jaring : 10 Cm (Persegi Bentuknya)

Lapangan Bola Voli

Ukuran umum yang telah ditetapkan antara lain :

  • Ukuran Lapangan : 9 Meter x 18 Meter
  • Area Servis : 3 Meter di Belakang Garis Lapangan
  • Area Serang : 3 Meter dari Garis Tengah
  • Lebar Garis : 5 Cm
Volleyball Sports: History, Rules And Rules Of The Game

Teknik Dasar Bermain Bola Voli

Servis

Teknik dengan memukul bola dari luar garis lapangan sebagai tanda bahwa pertandingan telah dimulai. Teknik ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena harus dilakukan dengan kuat dan tepat.  Ada beberapa teknik servis yaitu :

  • Servis Bawah

Dengan cara memegang bola di tangan kiri, bola harus sejajar di pinggang dan depan badan. Tangan Kanan dengan posisi mengepal berayun dari belakang ke depan sambil memukul bola dari bawah.

  • Servis Atas

Dilakukan ketika bola ada di atas. 

  • Floating

Dilakukan dengan melambungkan bola ke atas kepala lalu memukulnya ke depan melewati net ke arah lawan

  • Jumping

Dilakukan dengan cara melambungkan bola ke atas lalu melompat sambil memukul bola dengan kencang.

Passing

.

Teknik ini dilakukan untuk menerima bola, menangkis, dan mengembalikan serangan bola ke lawan. Ini berguna juga untuk mengoper dan memberikan umpan ke teman tim. Ada beberapa teknik passing yaitu :

  • Passing Atas

Dilakukan dengan dua tangan dan melambungkan bola ke atas untuk memberikan operan ke teman yang akan melakukan smash

  • Passing Bawah

Dilakukan ketika bola sudah berada di bawah kepala dengan cara memukul bola dari bawah dengan jongkok atau membungkuk

Smash/Spike

Teknik ini dilakukan untuk menyerang dengan kekuatan tinggi. Bisa untuk menyerang dan juga untuk menghalau serangan lawan untuk mencetak poin. Dengan cara melompat saat sudah diberikan operan lalu memukul bola dengan sangat keras ke arah permukaan lapangan area lawan.

Blocking

Teknik ini dilakukan untuk menahan serangan dari lawan agar tidak terciptanya poin untuk tim lawan. Dengan cara berdiri di dekat net dan siap melompat ketika bola sudah diarahkan.