Gaya dan Teknik Yang Harus Dipelajari Sebelum Berenang


girl swims on swimming pool

Berenang sudah menjadi salah satu sarana hiburan juga bagi masyarakat Indonesia. Selain menyehatkan, berenang juga sangat asik. Berenang adalah olahraga dengan tingkat resiko cedera yang rendah sehingga cukup digemari oleh banyak orang. 

Berenang adalah olahraga yang dilakukan di air. Cukup dengan menggerakan tubuh (tangan dan kaki) agar bisa bergerak dan tidak tenggelam. Olahraga ini cukup baik untuk mengurangi stress dan beban pikiran sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan berenang, postur tubuh bisa diperbaiki dan bisa menyehatkan jantung secara alami.

Macam Macam Gaya Renang

Dalam olahraga renang, ada beberapa gaya renang yang dapat dilakukan, yaitu :

Gaya Bebas

Panduan Berenang Gaya Bebas Untuk Pemula | HonestDocs

Gaya ini adalah berenang secara bebas menggunakan tangan dan kaki secara bebas agar badan bisa meluncur dengan cepat. Gaya bebas bukan berarti tidak memiliki aturan, aturannya adalah posisikan badan di atas permukaan air lalu kayuhkan tangan ke depan sambil kaki menendang ke belakang. Ketika tangan diangkat ke atas untuk mengayuh, gelengkan kepala dengan serong kanan atau kiri lalu ambil nafas dengan hidung atau mulut.

Gaya ini bisa membuat badan meluncur lebih cepat ke dalam air. Berikut adalah langkah langkah melakukan Gaya Bebas dengan lebih detail :

  • Perut dan wajah menghadap ke air sambil sambil mengapung lalu pandangan harus lurus.
  • Gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian sambil diusahakan teteap lurus. Lakukan tendangan ini secara cepat.
  • Lengan tetap lurus ke depan dan gerakan lengan seperti sedang mendayung secara bergantian kiri dan kanan.
  • Lengan kaki harus tetap di bawah tubuh sambil menggerakan lengan keluar dari air dan kembali ke dalam air di depan kepala.
  • Gerakan lengan keluar air dan lakukan gerakan mendayung secara terus menerus.
  • Putar kepala keluar dari air sesuai alur mendayung tangan untuk mengambil nafas.

Gaya Dada

Memahami Teknik dan Manfaat Renang Gaya Dada - Alodokter

Gaya renang yang ini adalah gaya yang mirip dengan katak saat berenang. Gaya Dada ini sangat disukai oleh pemula dikarenakan mudah dilakukan. Gaya renang ini dilakukan saat ingin berenang dengan santai karena kecepatan pun lebih lambat dibandingkan dengan gaya bebas dan tidak menghabiskan banyak energi. Gaya ini berfokus dengan kekuatan tangan dan kaki guna mendorong badan ke depan dan banyak digunakan pada saat kejuaraan lomba renang. Langkah Langkahnya adalah :

  • Ketika sudah di dalam air, usahakan perut dan wajah menghadap ke dalam air.
  • Lutut ditekuk perlahan dari bawah lalu tendang keluar seperti katak bergerak.
  • Kemudian buat lutut melingkar setengah lingkaran ke arah luar agar tubuh terdorong maju.
  • Lengan dan bawah dada dibuat lurus, dan lengan depan diposisikan kembali sehingga seperti gerakan membelah air.
  • Kepala diangkat ketika tangan sudah menyatu agar bisa mengambil nafas.

Gaya Punggung

Seperti namanya, berarti artinya punggung menghadap ke air sementara dada dan wajah menghadap ke atas. Memiliki kekurangan karena perenang dengan gaya ini tidak bisa melihat arah tujuan dengan jelas. Hampir mirip dengan gaya bebas, tetapi hanya kebalikannya. Gaya bebas dada menghadap ke air sementara gaya punggung , punggungnya menghadap ke air. 

Mari Berlatih Olahraga Renang Gaya Punggung - Beauty Fimela.com

Gaya Punggung adalah gaya renang yang sulit dipelajari karena berenang dengan posisi terbalik. Jika sudah mahir, gaya ini akan menjadi gaya favorit dalam berenang karena bisa bernafas dengan mudah. Gaya ini juga sering dipertandingkan karena tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Langkah langkahnya adalah :

  • Posisikan tubuh telentang di air
  • Gerakan kedua tangan ke atas lalu gerakan kaki seperti katak atau gunting
  • Meluncur dengan tangan yang seperti mengayuh dan kaki yang menendang dari atas dan bawah secara bergantian

Gaya Kupu Kupu

Teknik Dasar Renang Gaya Kupu-kupu Halaman all - Kompas.com

Gaya ini sangat membutuhkan kekuatan lengan untuk meluncur karena lengan akan menjadi pusat pergerakan seperti layaknya lumba lumba yang masuk ke air. Kaki harus lurus dirapatkan sehingga kaki dapat bergerak sesuai alur badan. Kecepatan gaya ini sangatlah cepat dibanding gaya bebas tetapi dengan energi yang lebih banyak pastinya. 

Kecepatan dan kekuatan lengan sangat penting dalam gaya ini karena sangat mempengaruhi seberapa cepatnya bisa melesat dengan gaya ini. Langkah langkah gaya ini adalah :

  • Setelah sudah meluncur, arahkan kedua tangan dari atas ke bawah dengan gerakan keluar lalu berayun ke depan.
  • Terus gerakan kaki agar menendang atas bawah seperti lumba lumba.
  • Gerakannya memungkinkan untuk mengeluarkan kepala untuk mengambil nafas.
  • Ketika kepala masih di dalam air dan akan naik ke permukaan, hembuskan nafas melalui mulut dan hidung lalu bersiap untuk mengambil nafas kembali.

Gaya Anjing

Teknik berenang ini sama seperti gaya anjing berenang yaitu posisikan kepala di atas permukaan air, lalu gerakan kaki dan tangan seperti anjing melakukan renang menggerakan tangan dan kaki ke atas dan ke bawah. Gaya Ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan bagi pemula dalam olahraga ini.

Teknik Dasar Renang

Teknik Mengapung

Teknik ini tidak mudah bagi para pemula karena memerlukan ketenangan dan fokus yang harus sering dilatih. Karena jika tidak tenang dan tidak fokus, maka besar kemungkinan akan tenggelam. Untuk melatih kemampuan mengapung, bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Mengapung berdiri adalah cara pertama, berdiri di pinggir kolam yang tidak terlalu dalam. Kemudian menyelam pelan pelan dengan berpegangan pinggir kolam. Lakukan berulang kali, jika sudah merasa tenang coba untuk mengambil nafas dalam dalam dan menyelam lagi. Tetapi kali ini cobalah mendorong badan dan menjauh dari pinggir kolam. Posisi badan tetap berdiri dengan tangan dan kaki sejajar lalu gerakan tangan seperti mengepak sambil kaki melakukan gaya dada.

Teknik Uitemate, Cara Mengambang di Atas Air Seperti Daun - Tribunbatam.id

Mengapung dengan telentang, badan harus diposisikan dengan tegak dan kepala menghadap ke atas sambil menginjak dasar kolam. Perlahan coba untuk meluruskan kaki dan usahakan telinga terendam di air sambil menyeimbangkan diri. Lakukan teknik ini 10-15 kali untuk hasil yang maksimal.

Teknik Pernapasan

Teknik Pernafasan Saat Renang - Sensen Swimming School
.

Teknik ini sangat diperlukan dalam renang dikarenakan kekuatan, fokus, dan kecepatan dalam renang ditentukan oleh kekuatan dan teknik bernafas yang baik. Untuk meningkatkan pernafasan, berdiri agak rendah di pinggir kolam tapi jangan sampai wajah juga terendam. Setelah itu coba bernafas menggunakan mulut dan masukan kepala ke dalam air sambil menghembuskan melalui hidung.

Ulang latihan ini terus menerus selama 15 kali agar nafas ketika berenang semakin kuat. 

Teknik Meluncur

Digunakan untuk menyeimbangkan tubuh saat awal berenang. Teknik ini digunakan saat meluncurkan tubuh ke dalam air. Latihannya dengan berdiri membelakangi pinggir kolam lalu tempelkan telapak kaki ke dinding kolam. Jika melakukan teknik ini dengan benar, maka gaya tolak saat awal meluncur menjadi sangat besar dan lebih luas.

8 Teknik Renang Gaya Bebas dan Gambarnya - OlahragaPedia.com

Setelah itu coba untuk mendorong badan agar meluncur dengan cara mendorong dengan kaki. Lalu atur kedua tangan untuk lurus kedepan secara sejajar agar air dapat dipecah tanpa mengeluarkan banyak energi. Atur telinga supaya tingginya sejajar dengan kedua tangan agar memudahkan proses pengambilan nafas.